S2 Keguruan Seni Rupa (KSR) merupakan program pendidikan pascasarjana selama 2 tahun (S2) yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga pengajar pendidikan bidang Keguruan Seni Rupa. SKS tempuh S2 KSR selama 2 tahun adalah 36 SKS. S2 Keguruan Seni Rupa berdiri pada tanggal 20 Januari 2016.
Visi ilmiah program studi Magister Keguruan Seni Rupa yang akan dicapai pada tahun 2030 sesuai dengan rencana induk pengembangan UM adalah sebagai berikut:
Mengembangkan keilmuan bidang keguruan seni rupa berbasis penelitian yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan Ipteks dengan menekankan pada inovasi pengembangan kurikulum, pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan keprofesian seni rupa untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kapabelitas keilmuan, kependidikan, dan kekaryaan seni rupa; mampu mengembangkan riset melalui pendekatan inter atau multidisipliner yang mendapat pengakuan nasional dan internasional, serta mampu menghasilkan kekaryaan seni rupa yang inovatif-kreatif dengan tetap mengakomodasi seni budaya lokal-global.
Misi Program Studi Magister Keguruan Seni Rupa ialah:
1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran berbasis penelitian dengan menekankan sikap kritis, reflektif, inovatif, dan terbuka terhadap perkembangan paradigmatik dalam kependidikan, dan kekaryaan seni rupa, serta adaptif terhadap perkembangan ipteks yang tetap mengakomodasi nilai-nilai seni budaya lokal-global.
2. Melakukan penelitian di bidang kependidikan, dan kekaryaan seni rupa melalui pendekatan inter atau multidisipliner dengan tetap mengakomodasi dan mengolah potensi pluralitas seni budaya local-global sebagai modal pengkajian, dan pengkaryaan seni rupa yang dipublikasikan dalam skala nasional atau internasional, sehingga temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
3. Melakukan upaya memecahkan masalah di masyarakat melalui kegiatan pengabdian dengan memanfaatkan hasil penelitian bidang pendidikan, kajian, dan kekaryaan seni rupa murni dan terapan yang berorientasi pada penggalian dan pengolahan seni budaya local-global dan pendayagunaan teknologi guna membantu memajukan, memberdayakan, dan menyejahterakan masyarakat.
Berdasarkan visi, misi, dan tujuan di atas, maka ditetapkan profil lulusan Program Studi S2 Keguruan Seni Rupa sebagai berikut.
Magister Keguruan Seni Rupa yang kapabel dan profesional sebagai pendidik dan peneliti, dalam mengembangkan keilmuan seni rupa dan keilmuan pendidikan seni rupa dalam menginovasi pengembangan kurikulum, pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar, serta keprofesian pendidik seni rupa di lembaga pendidikan formal, informal maupun non-formal; serta keahlian pendukung adalah sebagai pengkarya bidang seni rupa murni dan terapan, yang kreatif-inovatif sesuai perkembangan teknologi informatika dan komunikasi melalui pendekatan inter atau multidisipliner, teruji, dan mendapat pengakuan berskala nasional atau internasional yang tetap mengakomodasi nilai-nilai seni budaya lokal-global dan berjiwa creativepreneur.
ITB Innovation Park seharga 397 milyar rupiah untuk kolaborasi antara inovator dan industri atau siapapun yang membutuhkan produk inovasi
...
Jurusan atau program studi ini hanya bisa didapat di sebuah perguruan tinggi negeri.
[Baca Selengkapnya]Jurusan paling populer bisa dikatakan jurusan yang hampir selalu ada di seluruh perguruan tinggi.
[Baca Selengkapnya]Kualitas kampus bisa juga dilihat dari jumlah jurusan atau program studi S3 atau doktoral yang ada di kampus tersebut.
[Baca Selengkapnya]Program studi dan jurusan sebenarnya sama saja.
[Baca Selengkapnya]