×
Not Logged In
ADVERTISEMENT
Nama Program Studi
Ilmu Komputer - S2
Perguruan Tinggi
Universitas Nusa Mandiri
logo Universitas Nusa Mandiri
Akreditasi Program Studi
Baik Sekali
Riwayat Akreditasi
Program Studi
  1. Tanggal SK: 5 Desember 2022
    Kadaluarsa: 5 Desember 2027
    Akreditasi: Baik Sekali
    Status: Aktif
  2. Tanggal SK: 30 September 2022
    Kadaluarsa: 30 Desember 2022
    Akreditasi: B
    Status: Tidak Aktif
  3. Tanggal SK: 22 Juni 2021
    Kadaluarsa: 31 Oktober 2022
    Akreditasi: B
    Status: Tidak Aktif
Jenjang
S2
Status Program Studi
Aktif
Tanggal Akreditasi
5 Desember 2022
(05-12-2022)
Ketua Program Studi
-
Tanggal Berdiri
5 April 2021
(05-04-2021)
SK Penyelenggaraan
82/E/O/2021
Tanggal SK
5 April 2021
(05-04-2021)
Alamat
Jl. Margonda Raya No. 545
Kota/Kabupaten
Kec. Makasar
Kota Jakarta Timur
Prov. D.K.I. Jakarta
Kode Pos
13620
Website
www.nusamandiri.ac.id
Telepon
(021)8005722
Fax
-
Logo Perguruan Tinggi
logo Universitas Nusa Mandiri

Tentang Ilmu Komputer S2 - Universitas Nusa Mandiri

Program Magister (S2) dari program studi Ilmu Komputer berdiri mulai bulan Agustus 2008, saat ini berada dalam naungan Fakultas Teknologi Informasi yang menaungi program-program studi pada jenjang S1 dan S2. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dimana saat ini dan pesatnya transformasi digital pada perusahan/industri maka dibutuhkan sumber daya manusia dalam bidang Informatika/Ilmu Komputer yang handal, untuk merancang, membuat, dan menangani informasi. Adapun ciri khas Program Magister (S2) prodi Ilmu Komputer di kami mengkhususkan pada komputasi sains (data science dan pengolahan citra) serta rekayasa perangkat lunak. Sampai saat ini Magister (S2) program studi Ilmu Komputer mengelola 3 peminatan studi, yaitu: Data Mining, Software Engineering dan Image Processing. Keberadaan Magister (S2) prodi Ilmu Komputer saat ini yaitu a). merupakan salah satu program studi pada Fakultas Teknologi Informasi yang mendalami ilmu dasar dan terapan dan memuat kajian rekayasa, terutama pada perangkat lunak serta komputasi sains.; b). suatu program yang membangun dan mengembangkan telaah-telaah algoritma dalam pengembangan perangkat lunak untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan sehari-hari; c). suatu program yang menitikberatkan pada riset baik yang bersifat murni, mendasar dan terapan, yang mengaplikasikan prinsip-prinsip dan penemuan-penemuan terkini di bidang lain untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan komputasional.; d). program yang mendukung produktivitas dan kualitas produk-produk rekayasa perangkat lunak melalui pengembangan model matematika, simulasi, dan komputasi sains.

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi yang berkualitas dan berinovasi dalam pengembangan keilmuan di bidang komputasi dan rekayasa perangkat lunak.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang komputasi dan rekayasa perangkat lunak yang berkualitas, berinovasi dan berbasis teknologi informasi serta kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan usaha dan industri;
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang komputasi dan rekayasa perangkat lunak yang berkualitas serta bermanfaat bagi masyarakat guna mendukung kegiatan inovatif serta industri kreatif melalui penerapan teknologi informasi;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan berinovasi di bidang komputasi dan rekayasa perangkat lunak serta berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan teknologi informasi;
  4. Melaksanakan kegiatan kerjasama dalam pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dengan perusahaan dan instansi pemerintah di bidang komputasi dan rekayasa perangkat lunak yang berkualitas di tingkat nasional maupun internasional.

Kompetensi Dasar Program Studi

Berdasarkan pada tujuan program studi dan kualifikasi kompetensi yang dimiliki lulusan serta sesuai dengan KKNI & OBE, dalam lingkup kompetensi generik jenjang 8, setiap lulusan Magister (S2) Program Studi Ilmu Komputer dituntut memiliki kompetensi yang terdiri dari penguasaan bidang komputasi, berpikir kritis dan taat kaidah ilmiah, kecakapan menggunakan teknik dan perangkat komputasi, terlibat secara profesional dan sosial, komunikasi yang efektif, pembelajaran sepanjang hayat, kepemimpinan dan kerja tim lintas disiplin, cakap berwirausaha. Sedangkan keahlian/kompetensi yang dimiliki lulusan :


1). Lulusan magister yang mampu menganalisis, merancang dan mengembangkan teknik komputasi dan algoritma untuk memecahkan masalah komputasi; memahami konsep statistik dan probabilitas, sistematika metode penelitian dan mampu menerapkannya dalam kegiatan penelitian di bidang software engineering, data mining, image processing. Memahami dan mampu mengembangkan metode pengembangan perangkat lunak yang sistematis dan handal untuk menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi. Memahami teknik prediksi dan pencegahan cacat software dan mampu menerapkannya untuk menghasilkan software yang berkualitas. Memahami dan mampu mengembangkan model estimasi usaha yang dibutuhkan untuk pengembangan dan pemeliharaan perangkat lunak. Mampu menganalisis, merancang dan mengembangkan algoritma machine learning untuk keperluan estimasi, prediksi, klasifikasi, klastering, maupun asosiasi. Memahami konsep big data dan mampu menganalisis dan mengolah data yang besar dan kompleks. Mampu menerapkan data mining dan artificial intelligence untuk mengembangkan produk, layanan dan kerangka kerja berbasis teknologi web. Memahami teknik-teknik pengolahan citra untuk menganalisis, merancang dan membangun perangkat lunak pengolah gambar. Memahami dan mampu menerapkan teknik dan algoritma pengambilan informasi untuk memperoleh informasi yang relevan.


2). Lulusan magister yang menguasai bidang pemrograman sehingga mampu merancang dan membangun sistem pendukung keputusan berbasis komputer yang memanfaatkan business intelligence dalam menyelesaikan permasalahan manajemen.


3). Lulusan magister yang menguasai metodologi penelitian yang ditandai dengan kemampuan merancang serta melaksanakan penelitian bidang komputer sains secara ilmiah dan bertanggungjawab, menguasai pengelolaan penelitian dengan mengedepankan kaidah ilmiah dan melakukan diseminasi hasil penelitian untuk kepentingan ilmu komputer sains, mematuhi etika dalam penelitian yang ditunjukkan dengan menjunjung tinggi etika akademik, kejujuran dan menghindari plagiasi, menguasai bidang ilmu komputer sains yang ditunjukkan dengan kemampuan memecahkan masalah secara terukur, tepat, dan ilmiah berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

Sumber: DIKTI, KEMDIKBUD

Jurusan kuliah terkait Ilmu Komputer di Perguruan Tinggi lainnya

ADVERTISEMENT

Komentar User

Berikan komentar untuk halaman Ilmu Komputer S2 - Universitas Nusa Mandiri

BERITA TERBARU

ITB Innovation Park Seharga 397 Milyar Untuk Kolaborasi Inovator dan Industri

Kamis, 3 November 2022 | 11:16 WIB

ITB Innovation Park seharga 397 milyar rupiah untuk kolaborasi antara inovator dan industri atau siapapun yang membutuhkan produk inovasi

...

ADVERTISEMENT

KOMENTAR TERAKHIR

Delly D.E.Togodly di GERSON TOGODLY, Misiologi S1, Sekolah Tinggi Teologi Reformasi Wamena
Sabtu, 21 Desember 2024 | 16:49 WIB
MARTEN UMBU LAPU di MARTEN UMBU LAPU, Akuntansi S1, Universitas Wisnuwardhana
Jumat, 20 Desember 2024 | 22:39 WIB
Ipank di MOJA ASTRI MAISURI, Manajemen S1, Universitas Yarsi
Senin, 16 Desember 2024 | 15:09 WIB
PJL di NIKSON BELLA RESSI, Teknik Informatika S1, Universitas Karyadarma Kupang
Jumat, 13 Desember 2024 | 09:02 WIB
OPAN SETIAWAN di STKIP PGRI Sukabumi
Minggu, 8 Desember 2024 | 02:11 WIB
ENDI di STKIP PGRI Sukabumi
Senin, 2 Desember 2024 | 08:39 WIB
Muhammad Ihsan Dacholfany di MUHAMMAD IHSAN DACHOLFANY, Administrasi Pendidikan S2, Universitas Muhammadiyah Metro
Minggu, 1 Desember 2024 | 18:01 WIB
Endang hartini di Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1, Universitas Hamzanwadi
Kamis, 28 November 2024 | 10:12 WIB
Andreas Tedy Mulyono di ANDREAS TEDY MULYONO, Ilmu Hukum S2, Universitas Pelita Harapan
Selasa, 26 November 2024 | 10:03 WIB
MUHLAS di STKIP PGRI Sukabumi
Selasa, 19 November 2024 | 12:48 WIB
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

BERITA PROGRAM STUDI