Program Studi S1 Teknologi Informasi (Information Technology) merupakan salah satu program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) yang berfokus kepada bidang keilmuan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis komputasi, seperti Data Science, Artificial Intelligence, Software Engineering, Multimedia and Computer Vision, dan Network and Internet of Things. Program studi yang berdiri sejak September 2007 hadir untuk menjawab masalah yang timbul di masyarakat dalam hal kurang memadainya ketersediaan lulusan yang mampu menangani kebutuhan akan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Program studi ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki hardskill dan softskill mumpuni dan handal.
Menjadi Program Studi yang unggul dan professional dalam pengembangan ilmu pengetahuan bidang Teknologi Informasi dengan penekanan pada Data Science dan Intelligent System untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya kompetisi global.
1. Menyelenggarakan Pendidikan yang memiliki kompetensi akademik unggul dan professional pada penguasaan bidang Teknologi Informasi yang dikhususkan pada bidang Data Science dan Intelligent System.
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian dan desiminasi hasil penelitian melalui publikasi ilmiah yang terencana, inovatif dan berkualitas sesuai dengan perkembangan global pada bidang Data Science dan Intelligent System.
3. Meningkatkan literasi informasi pada masyarakat melalui kegiatan penerapan hasil penelitian, pengabdian, dan kerjasama kepada elemenelemen masyarakat.
A. Kompetensi Utama
1. Mampu membuat program aplikasi atau sistem perangkat lunak baik berbasis web ataupun mobile sehingga dapat berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya serta dapat menyelesaikan permasalahan kesalahan yang terjadi dalam program aplikasi atau sistem perangkat lunak tersebut;
2. Mampu menganalisa sistem dan menentukan alternatif solusi yang efektif dan efisien dalam memecahkan suatu permasalahan serta dapat menyelesaikannya menggunakan program aplikasi atau sistem perangkat lunak tertentu;
3. Mampu merancang dan membuat desain multimedia dalam suatu aplikasi atau sistem yang interaktif, mudah digunakan, efektif dan efisien, yang mencakup teks, citra, audio, video, animasi (augmented dan virtual reality);
4. Mampu membangun arsitektur data yang efektif dalam menangkap, mengintegrasikan, mengatur, memusatkan, memelihara data agar data tetap dapat diakses dan siap dianalisis;
5. Mampu memproses dan menginterpretasikan data untuk memperoleh wawasan yang dapat ditindaklanjuti oleh suatu organisasi atau perusahaan;
6. Mampu memiliki wawasan luas dan kemampuan handal dalam mengkaji bidang ilmu, melakukan hal-hal teknis di penelitian universitas/lembaga penelitian;
7. Mampu mengantisipasi arah perubahan teknologi informasi dan mengevaluasi serta mengkomunikasikan kesesuaian pemanfaatan teknologi baru bagi individu atau organisasi;
8. Mampu menganalisis dan menafsirkan data yang kompleks serta mampu menyajikan temuan ke dalam representasi yang tepat bagi pengguna bisnis;
9. Mampu membuat rancangan basis data dan dapat mengimplementasikannya serta mampu melakukan instalasi, konfigurasi, upgrade, adaptasi, integrasi, transformasi, pemantauan, dan pemeliharaan basis data dalam suatu organisasi atau lebih;
10. Mampu merancang, membangun dan mengelola infrastruktur jaringan komputer dan teknologi jaringan lainnya;
11. Mampu memahami IPTEKS di bidang teknologi informasi dan komunikasi secara terukur dan sistematis dalam rangka untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di berbagai domain.
B. Kompetensi Pendukung Umum
1. memiliki ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur agama dan bangsa serta etika profesionalisme;
2. mampu beradaptasi, berfikir logis, bersikap kritis, sistematis, kreatif dan inovatif terhadap pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta komunikasi;
3. mampu secara teknis dan non teknis dalam merancang, membangun dan mengembangkan sistem teknologi informasi sesuai dengan fungsi dan kegunaannya secara efektif dan efisien;
4. mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik dengan berbagai elemen.
C. Kompetensi Lainnya
1. mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing (terutama bahasa Inggris), baik secara lisan maupun tulisan;
2. memiliki jiwa kewirausahaan baik di bidang teknologi informasi dan komunikasi atau bidang lain yang terintergrasi dengan bidang teknologi informasi dan komunikasi;
3. memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat melalui sikap visioner, bertanggung jawab, amanah, menghargai dan berani melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dengan tetap menjaga nilai etika dan integritas
ITB Innovation Park seharga 397 milyar rupiah untuk kolaborasi antara inovator dan industri atau siapapun yang membutuhkan produk inovasi
...
Jurusan atau program studi ini hanya bisa didapat di sebuah perguruan tinggi negeri.
[Baca Selengkapnya]Jurusan paling populer bisa dikatakan jurusan yang hampir selalu ada di seluruh perguruan tinggi.
[Baca Selengkapnya]Kualitas kampus bisa juga dilihat dari jumlah jurusan atau program studi S3 atau doktoral yang ada di kampus tersebut.
[Baca Selengkapnya]Program studi dan jurusan sebenarnya sama saja.
[Baca Selengkapnya]