Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak adalah salah satu program studi yang berada di Kampus UPI di Cibiru yang berlokasi di Jl. Raya Cibiru KM 15 Kabupaten Bandung. Di dalam Program Studi Rekayasa Perangkat lunak, mahasiswa akan mempelajari bidang ilmu terkait Software Engineering (pengembangan software, manajemen software, proses engineering, perangkat engineering dan metodologi), Data Engineering (data modelling, manajemen data berbasis pengetahuan, penerapan manajemen data), Pemrograman Multimedia & Game (Game Development, animasi 2D & 3D), dan Ubiquitous Computing (Internet of Things, Augmented Reality, Cloud Computing). Selain itu untuk menambah kompetensi para mahasiswa Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak akan dibekali pula dengan wawasan kewirausahaan, kemandirian, serta kerja sama tim agar para lulusannya mampu berkompetisi di dunia usaha dan dunia industri.
Visi Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Kampus UPI Cibiru adalah menjadi program studi pelopor dan unggul dalam pengembangan keilmuan rekayasa perangkat lunak tahun 2029.
Misi Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Kampus UPI Cibiru merupakan penjabaran penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam upaya mewujudkan visi UPI. Misi Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak adalah sebagai berikut.
a. Menyelenggarakan layanan pendidikan dan pengajaran bidang keahlian rekayasa perangkat lunak untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik yang tinggi, memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, dan profesional, serta memiliki jiwa wirausaha;
b. Melaksanakan program penelitian untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu tinggi serta berkontribusi pada pengembangan keilmuan, aplikasi, dan produk-produk berbasis rekayasa perangkat lunak, serta melakukan publikasi hasil penelitian;
c. Memanfaatkan ilmu dan produk rekayasa perangkat lunak dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian yang dapat memberikan kontribusi untuk memajukan masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan teknologi informasi; dan
d. Mengembangkan, menerapkan, dan menyebarluaskan teknologi di bidang rekayasa perangkat lunak yang berbasis pada kebutuhan masyarakat, dunia usaha, dan industri.
Profil lulusan Prodi RPL dalam bentuk Program Educational Objective (PEO) telah sesuai dan mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020.
Profil lulusan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak adalah praktisi profesional dan ahli di bidang rekayasa perangkat lunak yang mengaplikasikan keilmuannya untuk membentuk karakter pelopor dan unggul dalam berbagai bidang sehingga dapat memberi manfaat untuk bangsa dan negara, dengan rincian PEO sebagai berikut:
1. Lulusan meningkatkan kompetensi pada bidang keahliannya dengan menempuh pendidikan pada lembaga pendidikan yang bereputasi unggul di dalam maupun luar negeri
2. Lulusan menunjukkan kinerja profesional pada lingkungan pekerjaannya serta dapat menerapkan ilmu sesuai keahliannya.
3. Lulusan mengembangkan kegiatan wirausaha dengan menerapkan sumber daya teknologi sesuai dengan keahliannya sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
4. Lulusan berpikir analitis dan kritis untuk memecahkan permasalahan pada dunia usaha dan dunia industri serta lingkungan masyarakat dengan menerapkan pengetahuan, prinsip dan keterampilan rekayasa perangkat lunak beserta sumber daya dan dampaknya sehingga dapat menjadi pakar rujukan dalam pengembangan keilmuan rekayasa perangkat lunak.
ITB Innovation Park seharga 397 milyar rupiah untuk kolaborasi antara inovator dan industri atau siapapun yang membutuhkan produk inovasi
...
Jurusan atau program studi ini hanya bisa didapat di sebuah perguruan tinggi negeri.
[Baca Selengkapnya]Jurusan paling populer bisa dikatakan jurusan yang hampir selalu ada di seluruh perguruan tinggi.
[Baca Selengkapnya]Kualitas kampus bisa juga dilihat dari jumlah jurusan atau program studi S3 atau doktoral yang ada di kampus tersebut.
[Baca Selengkapnya]Program studi dan jurusan sebenarnya sama saja.
[Baca Selengkapnya]