Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Program Sarjana (S.1) Universitas Bina Sarana Informatika diselenggarakan dalam rangka menghasilkan lulusan yang dapat memahami dan menerapkan proses membangun, mengoperasikan dan memelihara perangkat lunak dengan menerapkan prinsip engineering (keteknikan). Lulusan program studi perangkat lunak dapat menjadi software engineer (perekayasa perangkat lunak), mobile computing developer (pengembang komputasi mobile) dan cloud computing developer (pengembang komputasi awan).
Menjadi program studi yang unggul, memiliki daya saing global di bidang rekayasa perangkat lunak yang mendukung ekonomi kreatif pada tahun 2033
1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu di bidang rekayasa perangkat lunak untuk pengembangan sumber daya manusia yang profesional dan handal di lingkungan global sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompeten dan sesuai dengan kebutuhan saat ini dan akan datang.
2. Menyelenggarakan Penelitian di bidang rekayasa perangkat lunak untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pengenalan dan penyebaran ilmu yang relevan untuk meningkatkan kinerja program studi dan mutu lulusan.
4. Mengelola program studi secara mandiri dengan tata kelola yang baik serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam negeri maupun luar negeri
1. Memiliki pengetahuan dan keterampilan bidang rekayasa perangkat lunak dan standar profesional yang dibutuhkan sebagai ahli perangkat lunak.
2. Memahami dan menerapkan teori, model dan teknik yang tepat yang digunakan sebagai basis untuk mengidentifikasi dan menganalisa masalah, mendesain, membangun, dan mengimplementasikan perangkat lunak, serta melakukan verifikasi dan dokumentasi.
3. Bekerja secara mandiri atupun tim untuk menghasilkan perangkat keras yang berkualitas
4. Memahami dan menghargai pentingnya kemampuan bernegosiasi, budaya kerja yang efektif, kepemimpinan dan komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan dalam suatu lingkungan pengembangan perangkat lunak,
5. Mendesain solusi yang tepat dalam satu atau lebih domain aplikasi dengan mengguakan rekayasa perangkat lunak yang mengintegrasikan etika, sosial, legal dan ekonomi.
6. Menyelesaikan masalah yang terkait dengan tujuan proyek, menemukan ruang kompromi yang baik di tengah keterbatasan biaya, waktu pengetahuan, kondisi sistem saat ini dan organisasi.
7. Mempelajari model, teknik dan teknologi baru sejalan dengan perkembangan serta menghargai pentingnya pengembangan profesional yang berkelanjutan.
8. Membangun aplikasi perangkat lunak bisnis, teknik dan ilmiah untuk memberikan solusi yang aplikatif, khususnya berbasis mobile computing (komputasi mobile) dan cloud computing (komputasi awan).
ITB Innovation Park seharga 397 milyar rupiah untuk kolaborasi antara inovator dan industri atau siapapun yang membutuhkan produk inovasi
...
Jurusan atau program studi ini hanya bisa didapat di sebuah perguruan tinggi negeri.
[Baca Selengkapnya]Jurusan paling populer bisa dikatakan jurusan yang hampir selalu ada di seluruh perguruan tinggi.
[Baca Selengkapnya]Kualitas kampus bisa juga dilihat dari jumlah jurusan atau program studi S3 atau doktoral yang ada di kampus tersebut.
[Baca Selengkapnya]Program studi dan jurusan sebenarnya sama saja.
[Baca Selengkapnya]