Tentang Informatika S1 - Universitas Surya
Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi di masa datang akan mengarah pada teknologi yang mempunyai ciri-ciri: konvergensi, miniaturisasi, embedded, on demand, grid, intellegent, wireless inter networking, open source, seamles integration dan ubiquitous.
Pembangunan teknologi informasi dan komunikasi merupakan sumber terbentuknya iklim yang menjadi landasan bagi tumbuhnya kreativitas sumberdaya manusia yang pada gilirannya dapat menjadi sumberdaya pertumbuhan dan daya saing ekonomi. Oleh karena itu, teknologi informasi dan komunikasi merupakan faktor yang memberikan kontribusi sangat signifikan dalam peningkatan kualitas masyarakat melalui peranannya dalam pertumbuhan ekonomi suatu bangsa.
Untuk itu program studi Informatika pada Universitas Surya ditujukan untuk menciptakan lulusan yang kuat dalam konsep inti Informatika yang berfokus pada
1. Kecerdasan buatan (computational intelligent)
2. Human Centered Design
3. Sistem terbenam (embedded systems)
4. Design permainan dan pemprograman (games & design programming),
5. Distributed System and Networking
Para mahasiswa juga belajar mengenal teknologi micro electromechanical systems (MEMS) & nano electromechanical systems (NEMS), pemodelan, simulasi, komputasi awan (cloud computing) dan high performance computing. Selain itu, lulusan prodi Informatika diharapkan memiliki "soft skill" dalam technopreneurship, komunikasi, dan kerjasama tim, yang penting untuk menjadi tenaga profesional dan entrepreneur.
Visi Program Studi
Menghasilkan inovator berbasis teknologi informatika untuk Kejayaan Indonesia.
Misi Program Studi
1) Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Informatika yang mampu memberikan pembelajaran yang terbaik melalui metode pembelajaran berbasis kompetensi yang mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik secara berimbang bagi peserta program studi.
2) Melaksanakan riset bidang Informatika dan bidang yang berhubungan, untuk menghasilkan karya ilmiah berkualitas yang diakui oleh masyarakat, baik dalam lingkup nasional, regional maupun internasional.
3) Melakukan kegiatan kerja sama dengan institusi lain dan pengabdian masyarakat
Kompetensi Dasar Program Studi
A. Kompetensi Utama dan Penunjang
1. Menguasai dasar-dasar ilmu dan aplikasi Informatika sehingga mampu mengidentifikasi, merumuskan, menjelaskan, dan menyelesaikan permasalahan di applikasi komputer. Kompetensi ini ditunjang oleh:
Kemampuan yang unggul dalam bidang matematika, fisika, dan entrepreneurship.
Daya analisis data yang mumpuni
Kemampuan mendesain proses, eksperimen, atau prosedur kerja
2. Mampu mengaplikasikan keilmuan Informatika baik dalam bentuk penelitian dan kegiatan pelayanan masyarakat. Hal ini ditunjang oleh:
Kemampuan berkomunikasi yang efektif
Kreativitas yang tinggi untuk mencari alternatif solusi Sikap mandiri menuju kewirausahaan
Komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas
Sikap keterbukaan terhadap ide-ide dari luar yang diimbangi dengan idealisme keilmuan Informatika.
3. Memiliki sikap mental dan professionalitas sebagai sarjana Informatika yang mampu memberikan peran positif di masyarakat. Sikap ini ditunjang oleh:
Penghargaan terhadap pluralitas, hak-hak asasi, dan kesetaraan individu
Tanggung jawab sosial kepada masyarakat
Kemampuan bekerja di dalam tim
4. Memiliki kemampuan belajar yang sinambung (lifelong learning) sehingga bisa mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, terutama di bidang Informatika. Kemampuan ini ditunjang oleh:
Keinginan untuk terus mengembangkan diri sendiri dan masyarakat lingkungannya
Kemampuan untuk mengambil nilai-nilai positif dari pengetahuan yang ada untuk terus dikembangkan menjadi lebih baik Kemampuan untuk menciptakan visi pribadi maupun untuk masyarakat yang lebih luas.
B. Kompetensi Khusus
Untuk mengejar kebutuhan dunia akan teknologi maju, maka para mahasiswa dibekali dengan kompetensi khusus yang akan menjadi keunggulan lulusan Informatika Universitas Surya. Di samping kuat dalam konsep Informatika, para lulusan juga memiliki dasar-dasar yang mumpuni di bidang teknologi masa kini dan masa depan yang relevan dengan perkembangan peradaban manusia. Bidang teknologi ini meliputi kecerdasan buatan, interaksi manusia dan komputer, sistem terbenam (embedded systems), design permainan dan pemprograman (games & design programming), serta merancang gedung dan lingkungan pintar (smart buiding dan environment)..