Tentang Teknologi Permainan D4 - Politeknik Negeri Media Kreatif
Perkembangan dunia industri kreatif dan perkembanganteknologi informasi memberikan konsekuensi bagi penguatan kelembagaan dalammenjawab berbagai dinamika yang terjadi. Program Studi Sarjana TerapanTeknologi Permainan dibentuk sejalan dengan perkembangan dunia industri kreatifdi Indonesia dan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan Politeknik Negeri MediaKreatif (Polimedia) untuk dapat berperan dalam pengembangan sumber daya manusiaterkemuka dan unggul di bidang industri kreatif.Program studi (Prodi) Teknologi Permainan di Polimedia merupakanirisan atau gabungan dari berbagai disiplin ilmu, antara lain informatika,matematika, desain, dan teknik elektro. Luaran capaian pembelajaran yang direncanakanadalah lulusan yang memiliki kualifikasi sesuai dengan industri game, perangkat lunak, hiburaninteraktif, bidang grafika komputer dan simulasi. Dengan demikian, lulusanprogram studi Teknologi Permainan nantinya mampu bekerja sebagai pengembang game, perancang game, game producer, danpengembang simulasi dan visualisasi dengan menerapkan manajemen pengembanganperangkat lunak, desain game, danmanajemen proyek dalam produksi game.Penyusunan kurikulum berdasarkan Kerangka KualifikasiNasional Indonesia (KKNI) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi(SN-Dikti) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang mengacupada kompetensi lulusan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri. Kemudiandiwujudkan melalui profil lulusan, capaian pembelajaran, dan distribusi matakuliah.
Visi Program Studi
Menjadi penyelenggara program vokasi unggul dalam pengembanganilmu komputer dan teknologi permainan untuk menciptakan dan membangun keahlianrekayasa perangkat lunak praktis pada tahun 2022 berbasis kearifan lokal danberkebudayaan. Misi Program Studi
1) Membangun kehidupan akademik yang sehat, mengembangkanilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan karya teknologi permainan berorientasiindustri.
2) Mewujudkan kerjasama dan kepekaan sosial terhadapmasyarakat dan lingkungan.
3) Mengembangkan kemampuan berkarya di bidang teknologipermainan berbasis kewirausahaan dan kearifan lokal yang kreatif secaramandiri, profesional, dan mampu bersaing dalam era global.
Kompetensi Dasar Program Studi
Profil lulusan ditentukan untukmengetahui peran yang dapat dilakukan oleh lulusan Prodi Teknologi Permainan sesuaidengan bidang keahlian atau bidang kerja tertentu. Profil lulusan ProdiTeknologi Permainan Polimedia dirancang untuk menjadi pemogram game, desainer game, seniman game,konsultan game, penguji game, pengembang game, dan pengarah game.
No Profil Lulusan Deskripsi
1 Pemogram Game Merancang, mengembangkan,memodifikasi, dan menguji code, form, dan script yang memungkinkan aplikasi komputer untuk dijalankan. Bekerja dari spesifikasi yang dibuat oleh pengembang software atau team terkait
2 Desainer Game Merancang dan mendesain fitur inti dari game, menentukan permainan inovatif dan mekanika peran, alur cerita, dan biografi karakter
3 Seniman Game Merancang dan membuat efek khusus, animasi, atau gambar visual lainnya menggunakan film, video, komputer, atau alat elektronik lainnya dan media untuk digunakan dalam produk atau kreasi, seperti permainan komputer, film, video musik, dan iklan
4 Konsultan Game Memberikan jasa konsultasi untuk klien yang akan mengembangkan game. Konsultan game juga menyusun strategi, perancangan dan pengembangan game.
5 Penguji Game Merancang, mengembangkan dan melaksanakan rencana pengujian game untuk memastikan fungsi game sesuai dengan rancangan dan spesifikasi awal. Game tester juga bertanggung jawab dalam identifikasi masalah terkait aplikasi game dan mencari penyebabnya
6 Pengembang Game Mendesain, mengembangkan, dan memodifikasi game dengan menggunakan analisis ilmiah dan model matematika untuk memprediksi dan mengukur hasil dan konsekuensi dari desain
7 Pengarah Game Orang yang bertanggung jawab mengawasi pengembangan game. Pengarah game biasanya orang teknis senior dalam grup kreatif.