Deskripsi Singkat: Program Studi Sistem Informasi (D3) Kampus Kabupaten Banyumas salah satu pendidikan vokasi di Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika. Keberadaan Program Studi Sistem Informasi (D3) di wilayah Banyumas sangat diharapkan menghasilkan sumber daya manusia ahli madya yang memiliki keunggulan dibidang sistem informasi diera revolusi industri 4.0, bukan hanya pada dunia industri namun juga pada dunia kewirausahaan. Keunggulan tersebut telah dinyatakan dalam visi program studi sampai dengan tahun 2033 melalui tahapan capaian sesuai mailstone yang sudah ditetapkan disetiap 5 tahun. Upaya program studi dalam mewujudkan visi dengan menetapkan melalui proses penyusunan keterkaitan profil lulusan sebagai programmer dan junior analis sitem dan capaian pembelajaran berdasarkan kompetensi yang diharapkan dengan disain kurikulum sesuai standar pembelajaran yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi(SN_DIKTI), KKNI level 5 dan rumusan kurikulum pendidikan tinggi oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer(APTIKOM). Selama menempuh masa studi pendidikan di Program Studi Sistem Informasi, mahasiswa harus menyelesaikan 108 sks sebagai beban studi yang tersebar di semester 1 sampai dengan semester 6. Untuk mendukung tercapainya profil lulusan yang memiliki daya saing, implementasi kurikulum menggunakan konsep 4 semester perkuliahan dikampus, 1 semester mahasiswa wajib menjalankan praktik kerja lapangan selama 3-6 bulan dan 1 semester menghasilkan karya inovasi melalui tugas akhir yang diimplementasikan di dunia usaha dan industri. Persyaratan kelulusan alumni tidak hanya ditentukan dengan IPK namun wajib memiliki sertifikasi kompetensi. Selain itu program studi juga bersama-sama dengan HIMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) mengagendakan dan mengadakan kegiatan Seminar atau Workshop sebagai bentuk pengembangan softkill bagi mahasiswanya.
Menjadi program studi unggulan dalam menghasilkan lulusan dibidang sistem informasi, berjiwa entrepreneur untuk mendukung ekonomi kreatif pada tahun 2033
1. Mengelola dan menjalankan program studi secara baik, transparan dan berkesinambungan.
2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi.
3. Melakukan penelitian dan pengembangan IPTEK untuk menghasilkan aplikasi bisnis yang menunjang ekonomi kreatif.
4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dibidang sistem informasi dan kewirausahaan.
1) Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan permasalahan kebutuhan informasi dari suatu organisasi
2) Mampu mengorganisasikan data dan informasi berbasis teknologi informasi secara efektif dan efisien pada suatu organisasi
3) Mampu menerapkan konsep-konsep dasar komputer yang dibutuhkan dalam merancang dan mengimplementasikan solusi teknologi Informasi
4) Mampu berkarya dengan perilaku etika sesuai bidang keprofesian teknologi informasi
5) Mampu berkomunikasi secara efektif pada berbagai kalangan
6) Memiliki kesadaran untuk mengembangkan kemampuan diri sepanjang hayat.
7) Mampu bekerja-sama secara efektif baik sebagai anggota maupun pemimpin tim kerja
8) Mampu mengidentifikasi kebutuhan untuk menjadi seorang wirausaha di bidang teknologi informasi
ITB Innovation Park seharga 397 milyar rupiah untuk kolaborasi antara inovator dan industri atau siapapun yang membutuhkan produk inovasi
...
Jurusan atau program studi ini hanya bisa didapat di sebuah perguruan tinggi negeri.
[Baca Selengkapnya]Jurusan paling populer bisa dikatakan jurusan yang hampir selalu ada di seluruh perguruan tinggi.
[Baca Selengkapnya]Kualitas kampus bisa juga dilihat dari jumlah jurusan atau program studi S3 atau doktoral yang ada di kampus tersebut.
[Baca Selengkapnya]Program studi dan jurusan sebenarnya sama saja.
[Baca Selengkapnya]